belajar ilmu komputer

CARA SETTING AP TP-LING WA5110G February 23, 2011

Konfigurasi Tp Link WA5110G
Dalam meng-konfigurasi Tp Link WA5110G ada beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:

Setting koneksi komputer ke Tp Link WA5110G.

  • Hubungkan Tp Link WA5110G yang pastinya sudah menyala ke komputer menggunakan kabel UTP yang sudah disediakan saat pembelian.
  • Setting IP Address komputer menjadi kosong, dengan cara start->control panel -> network and internet connection ->network connection. Kemudian klik kanan pada icon Local Area Connection. Selanjutnya pilih Internet Protocol (TCP/IP) -> Properties. Pada tab general klik button Use the following IP address -> isikan dengan alamat IP yang masih satu range atau satu subnet dengan IP default Tp Link WA5110G (192.168.1.2-192.168.1.254) -> OK. karena jika Tp Link WA5110G masih baru IP defaultnya 192.168.1.1

  • Cek IP address komputer dengan cara double klik pada icon Local Area Connection pada bagian kanan bawah. Kemudian muncul jendela baru pilih tab support, maka akan muncul IP address dan pada bagian Adress type tertulis Manually configured. Misal kita memberi IP addres secara DHCP maka pada bagian Address type tertulis Assigned by DHCP. Atau kita bisa cek lewat terminal (Command Prompt). Dengan cara Start -> Run -> (ketik cmd atau command). Kemudian muncul jendela baru warna hitam. Kemudian ketik ipconfig untuk SO berbasis windows, dan untuk yang berbasis linux masuk pada terminal -> ketik ifconfig.

  • Setelah cek IP kita, kemudian cek koneksi ke Tp Link WA5110G dengan IP default (192.168.1.1). caranya masuk ke terminal ketik (ping 192.168.1.1) jika sudah connect muncul tulisan Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=64


Konfigurasi Basic Tp Link WA5110G.

  • Buka browser misal pakai Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Ketik alamat IP Tp Link WA5110G yang masih default (192.168.1.1). setelah itu otomatis akan keluar kotak dialog yang berisi perintah untuk memasukkan Username dan Password. Untuk Tp Link WA5110G yang masih default Username dan Password-nya sama yaitu admin. Setelah itu masuk tampilan utama Tp Link WA5110G.

  • Tampilan utama Tp Link WA5110G.

  • langkah selanjutnya yaitu ganti password default Tp Link WA5110G agar sedikit terhindar dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Setelah kita ganti Username dan Password maka otomatis kita harus login kembali dengan mengisikan Username dan Password yang telah kita buat tadi.
Nah, sekarang baru kita masuk ke bagian konfigurasi dasar Tp Link WA5110G. Dalam hal ini kita bisa meng-konfigurasi Tp Link WA5110G sebagai Access Point (AP) atau sebagai Client.

Konfigurasi Tp Link WA5110G sebagai Access Point (AP).


  • Langkah pertama kita set mode wireless yang akan kita setting dengan cara klik pada menu Operation Mode -> pilih AP (Access Point) -> Save.


  • Setelah kita set mode wireless maka otomatis wireless akan restart.

  • Konfigurasi IP address LAN Tp Link WA5110G.

IP LAN ini nantinya adalah alamat IP yang akan menjadi gateway dari client-client yang akan terkoneksi dengan Access Point yang akan kita buat sekarang. Jadi semua IP client yang terkoneksi berada pada range IP yang masih satu subnet dengan IP LAN tersebut. Misal IP LAN kita pasang 192.168.1.1/24, maka semua IP client akan berada pada subnet tersebut, yaitu 192.168.1.2-192.168.1.254. langkahnya klik pada menu Network -> Save.


  • Konfigurasi DHCP Server Tp Link WA5110G.

Konfigurasi ini berfungsi bilamana nanti semua client yang terhubung dengan Acces Point bisa langsung connect tanpa harus mengisi IP Address masing-masing client. Pada saat kita mengkonfigurasi DHCP Server kita bisa menentukan berapa banyak IP yang akan kita bagi. Misal, client kita hanya berjumlah 20 client. Maka tinggal pilih pada menu DHCP -> DHCP Settings -> pilih Enable. Selanjutnya kita bisa set IP addressnya mulai darimana sampai mana. Contohnya : 192.168.1.20-192.168.1.40. kemudian kita juga sekaligus bisa mengisikan Gateway dan DNS.


  • Setelah kita setting DHCP, Maka kita harus me-restart Tp Link WA5110G. jika tidak kita restart maka settingan DHCP tadi tidak akan berfungsi. Caranya pilih menu System Tools -> Reboot.


  • Kemudian kita juga bisa melihat daftar IP yang sedang connect sama Access point. Pilih menu DHCP -> DHCP Clients List.

  • Konfigurasi Wireless menjadi Access Point (AP).

Dalam membuat suatu Access Point atau yang lebih familiarnya di masyarakat umum yaitu Hotspot diperlukan sebuah nama agar semua client tahu bahwa sedang menjadi client Access Point yang mana. Nama dari sebuah Access Point yaitu SSID. Kemudian yang tidak kalah pentingnya yaitu Channel Acces Point tersebut, kita harus pandai-pandai memilih Channel tersebut karena jika waktu kita memilih salah satu Channel dan ternyata disekitar Access Point yang kita buat banyak terdapat Channel yang sama bisa terjadi inteferensi yang mengakibatkan sinyal Access Point bisa berubah tidak jelas (sinyalnya naik turun). Untuk men-setting tersebut kita pilih pada menu Wireless -> Basic Settings -> Save.

  • Kemudian pada menu Wireless Settings pilih Access Point, dan kasih tanda centang untuk Enable SSID Broadcast yang fungsinya agar SSID Acces Point kita bisa di broadcast atau dilihat oleh Client.

  • Konfigurasi System Security.

Agar sebuah Access Point yang sudah terpasang bisa berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dari luar misal hacking atau semacamnya maka dibutuhkan pengaman. Misalnya, memberi password. Bagi client yang akan mengakses Access Point tersebut harus memasukkan password terlebih dahulu. Untuk memberi password tersebut pilih menu Security Settings -> klik WPA-PSK/WPA2-PSK -> Save.

  • Atau kita juga bisa membatasi siapa saja client yang boleh mengakses maupun sebaliknya siapa saja yang tidak diperbolehkan mengakses Access Point tersebut melalui MAC Address yang dimiliki oleh masing-masing Client. Menu yang digunakan yaitu pada menu MAC filtering -> pilih Enable -> Add New. Setelah itu kita bisa mengisikan beberapa MAC yang akan diberi akses atau ditolak.

  • Cek Koneksi ke Access Point

Setelah semua sudah dikonfigurasi maka tinggal langkah terakhir yang harus dilakukan. Yaitu melakukan pengecekan koneksi ke Access Point tersebut. Setelah tadi menggunakan IP manual atau static maka kita tinggal setting IP computer kita ke DHCP dengan cara seperti pada saat kita memberi IP pada computer kita. Tinggal klik Obtain an IP address automatically -> Ok.


  • Setelah itu kita cek pakai wireless yang ada di computer kita atau menggunakan laptop. Cek apakah Access Point yang kita buat sudah muncul dengan cara Start -> Control Panel -> network connections -> klik kanan Wireless Network Connections -> View Available wireless networks -> pilih Acces Point -> connect. Kemudian masukkan password yang telah kita buat sebelumnya -> Connect. Kemudian muncul tulisan Connected.

Dan jika sudah berhasil connect maka IP address pada computer kita akan otomatis terisi karena Access Point tersebut sudah disetting DHCP Server.


Kemudian setelah komputer kita dapat IP, kita cek koneksi ke Access Point tersebut melalui menu Command Prompt. Dengan ketik ping 192.168.1.1

Konfigurasi Tp Link WA5110G sebagai AP Client Router.

  • Setting Tp Link WA5110G sebagai Client.

Ubah mode wireless pada menu Operation Mode -> pilih AP Client Router -> Save.

  • Setting IP.

Pada mode AP Client Router, IP yang digunakan yaitu IP WAN(Wireless) dan IP LAN. IP WAN berfungsi untuk menghubungkan AP Client dengan AP(Access Point). Sedangkan IP LAN berfungsi untuk meneruskan koneksi yang sudah ditangkap oleh AP Client untuk menghubungkan ke jaringan yang dibawahnya. Untuk IP LAN bisa bebas karena hanya untuk jaringan sendiri dibawahnya, sedangkan IP WAN harus sama dengan IP Access Point. Maka yang perlu disetting secara benar yaitu IP WAN. Pilih menu Network -> WAN. Apabila Access Point belum dipasang DHCP Server maka kita harus mengisikan alamat IP yang masih satu subnet dengan alamat IP Access Point dengan mengubah WAN Connection Type menjadi Static IP. Sedangkan Access Point yang sudah dipasang DHCP Server maka kita tidak usah perlu repot-repot mengisi alamat IP tinggal mengubah pada WAN Connection Type tersebut menjadi Dynamic IP.

  • Mengkoneksikan AP Client ke Acces Point (AP).

Agar bisa melihat Acces Point mana saja yang dapat ditangkap pilih menu Wireless -> Wireless Mode -> Survey.

  • Selanjutnya akan muncul jendela baru AP List yang berisi Access Point yang tertangkap oleh AP Client.

  • Pilih SSID yang akan disambungkan. Jika pada tab Security ON berarti Access Point tersebut terdapat enkripsi (password) sedangkan yang OFF tidak ada enkripsi. Kemudian klik Connect, dan akan kembali ke tampilan Tp Link WA5110G -> Save.

  • Access Point yang terdapat enkripsi supaya bisa connect maka kita harus mengisikan password-nya dengan pilih menu Wireless -> Wireless Mode -> Security Settings -> pilih mode Security yang dipasang Access Point teresebut -> Save.


  • Cek Koneksi ke Access Point.

Pilih pada menu Status. Maka pada tab WAN sudah terisi IP otomatis dari Access Point yang sudah dipasang DHCP Server.

  • Kemudian cek koneksi menggunakan terminal atau Command Prompt dengan cara Start -> Run -> ketik (cmd). yang perlu dicek yaitu :

- ping 192.168.10.102 (IP WAN AP Client)

- ping 192.168.10.1 (IP WAN Acces Point)

Setting TL-WA5110G sebagai AP Router.

Pada dasarnya setting AP dengan AP Router yaitu sama, cuma saat konfigurasinya pada bagian peng-alamatan IP menjadi terbalik. IP LAN berfungsi sebagai IPWAN, sedangkan IP WAN berfungsi sebagai IP LAN atau IP pada Ethernet. Berfungsi sebagai Router atau sebagai penghubung dan penerus antara dua atau lebih jaringan yang memiliki alamat IP tertentu dan berbeda-beda. Dengan kata lain penghubung antara Network yang satu dengan ang lainnya. Karena pada penerapannya sebagai AP Router biasanya terhubung dengan router-router lainnya, atau kebanyakan digunakan untuk menyambungkan dari modem ke client-client yang berbeda IP subnet-nya. Kita bisa lihat pada gambar berikut untuk lebih jelasnya mengenai sistem kerja router.


Langkah-langkah dalam meng-konfigurasi TL-WA5110G sebagai AP Router sebagai berikut :

  • Koneksikan Komputer kita melalui kabel Ethernet ke TL-WA5110G dengan mengubah IP komputer kita menjadi satu subnet dengan TL-WA5110G seperti yang sudah teretera pada saat meng-konfigurasi TL-WA5110G menjadi Access Point.
  • Setelah terkoneksi, maka mulailah mengakses router melalui browser dengan mengetikkan alamat IP defaultnya TL-WA5110G yaitu 192.168.1.1/24
  • Langsung saja pilih pada menu Network -> LAN. Ubah IP default TL-WA5110G menjadi beda subnet dengan IP modem, karena IP modem yang masih default biasanya sama seperti TL-WA5110G yaitu (192.168.1.1/24). IP diubah supaya tidak terjadi crash yang disebabkan oleh IP yang sama.

  • Membuat DHCP server, yang fungsinya sebagai server IP. Jadi setiap Client tidak perlu meng-konfigurasi IP-nya masing-masing untuk dapat terkoneksi dengan Access Point tersebut.

  • Maka setelah DHCP server dikonfigurasi maka otomatis akan minta reboot system. Jika tidak di reboot maka konfigurasi DHCP yang barusan dibuat tidak akan berfungsi. Untuk me-reboot pilih menu System Tools -> reboot.

  • Pada bagian Wireless -> Basic Settings -> Isilah SSID dan Channel -> Save.

  • Pasang security Acces Point dengan masuk pada menu bagian Wireless -> Security Settings -> pilih mode WPA yang akan kita gunakan, kemudian isikan passkey -> Save.

  • Ubah mode TL-WA5110G ke mode AP Router, pada menu bagian Operation Mode -> pilih AP Router -> Save.

  • Setelah itu otomatis koneksi komputer kita ke TL-WA5110G terputus dikarenakan IP LAN sudah berubah fungsi sebagai IPWAN. Kemudian supaya kita bisa meng-konfigurasi lebih lanjut maka kita harus mengkoneksikan melalui Access Point yang sudah kita buat tadi via Wireless. Langkahnya yaitu, klik Start -> Control Panel -> network connections -> klik kanan Wireless Network Connections -> View Available wireless networks -> pilih Acces Point -> connect. Kemudian masukkan password yang telah kita buat sebelumnya -> Connect. Setelah terkoneksi maka muncul tulisan Connected pada samping Access Point tersebut.

  • Setelah terkoneksi, maka akses kembali TL-WA5110G melalui browser seperti sebelumnya. Kemudian masuk pada menu bagian Network -> WAN. Bagian ini tertulis bahwa yang disetting adalah IP WAN, tapi fungsinya terbalik menjadi IP LAN atau IP Ethernet. Dalam bagian ini kita bisa memberi IP manual atau IP otomatis, tergantung pada modem tersebut sudah disetting DHCP server atau tidak. Jika sudah terpasang DHCP server maka pada bagian WAN Connection Type -> Dynamic kemudian Save.

Atau jika belum terpasang DHCP server maka pada bagian WAN Connection Type pilih Static IP, kemudian kita isikan :
IP Address : 192.168.1.100 (misal)
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
Primary DNS :( Isikan IP sesuai dengan ISP)
Secondary DNS :( Isikan IP sesuai dengan ISP)

  • Sambungkan kabel Ethernet dari TL-WA5110G ke modem. Kemudian cek apakah sudah dapat IP dari modem atau belum dengan masuk ke menu bagian Status. Lihat pada opsi WAN. Berikut adalah tampilan kalau IP WAN belum dapat IP. Kita bisa klik tombol renew atau tunggu sebentar.

  • Kalau sudah dapat IP, maka otomatis pada bagian opsi WAN sudah terisi IP. Seperti gambar berikut. IP yang didapat yaitu :

MAC : 00-27-19-FE-3A-99 (MAC address dari modem)
IP Address : 192.168.1.100 (IP DHCP)
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1 (IP Modem)

  • Kemudian langkah yang terakhir yaitu cek koneksi ke Tp Link WA5110G dank e modem. Langkahnya yaitu klik Start -> Run -> ketik (Command). Setelah masuk command Prompt ping ke alamat berikut :

ping 192.168.101.1 (IP LAN Tp Link WA5110G)
ping 192.168.1.100 (IP WAN Tp Link WA5110G)
ping 192.168.1.1 (IP Modem)


Jika saat dicek muncul tulisan Reply from 192.168.1.1:bytes=32 time1ms TTL=64, maka artinya bahwa koneksi ke Modem sudah OK.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.